Monday, February 28, 2011

Membuat Partisi Di Windows 7

Membuat Partisi pada Windows pada Sistem Operasi Microsoft sebelumnya misalnya Windows sebenarnya juga bisa dengan mudah membuat partisi tetapi tidak bisa secara langsung ketika sistem operasi windows sedang dijalankan, kecuali menggunakan software bantu tertentu. Kelebihan pada Windows 7 adalah bisa langsung membuat partisi pada windows tanpa bantuan software lain. Ketika Windows 7 diistall untuk pertama kali biasanya langsung menggunakan satu partisi saja yaitu drive C: sebagai partisi. Partisi inilah yang akan kita bagi pada tutorial ini. Pembagian partisi ini dikenal dengan Shrinking the System Partition.

Meskipun artikel ini secara khusus membahas membagi partisi sistem, prosedur yang diuraikan di sini dapat digunakan untuk mengecilkan partisi APAPUN, tidak hanya partisi sistem. Juga perlu dicatat bahwa membagi partisi sistem tidak memerlukan reboot dan tidak menghilangkan file apapun pada drive yang dibagi.
Inilah langkah-langkahnya:
-Silakan anda log on sebagai Administrator.
-Masuk ke [Control Panel > System and Maintenance > Administrative Tools > Computer Management]. Cara lain adalah klik kanan pada ikon Komputer pada desktop lalu pilih [Computer Management]. Jika Anda diminta untuk memasukkan sandi administrator atau konfirmasi, ketik sandi atau memberikan konfirmasi.

 

-Pilih partisi hard disk yang akan dibagi, misalnya dalam contoh ini Drive C.
-Klik kanan disk yang akan dibagi dan pilih [Shrink Volume].

-Proses akan memakan waktu beberapa saat, sampai sistem memperlihatkan struktur partisi.
-Pada jendela berikut secara default sistem akan langsung membagi besarnya masing-masing partisi lama dan baru. Anda bisa mengubah ukuran partisi tersebut. Harap dicatat, sekali lagi, bahwa ukuran ini berhubungan dengan jumlah aktual ruang kosong di partisi yang akan dibagi. Anda tidak dapat mengambil ruang melebihi jumlah fragmentasi file pada partisi tersebut. Jika sudah selesai, klik tombol [Shrink].
-Proses ini akan selesai cukup cepat, dan reboot TIDAK diperlukan. Anda dapat melihat ukuran partisi baru. Proses selesai.

Semoga Bermanfaat 8-|

2 comments:

  1. wah.. keren nih.. tapi itung itung dulu.. resikonya apa..dan bisa dihapus atau tidak partisinya.. tolong pencerahanya..

    salam
    ________________
    www.7-labs.co.cc

    ReplyDelete
  2. kalau untuk resiko saya juga kurang tahu tahu...
    tapi kalau cara delete nya ada
    - buka Computer Management
    - klik kanan pada partisi yang telah di buat
    - klik "delete volume"
    - jika sudah maka warna disk menjadi hijau
    - selanjutnya klik kanan pada hrdisk yang sudah di shrink volume nya
    - klik "extend volume"
    - maka akan keluar jendela, lalu klik next
    - klik pada hardisk yang sudah di delete volume nya tadi, lalu next
    - lalu klik finish

    itu berdasarkan percobaan saya

    ReplyDelete

Powered by Blogger.