Sunday, May 29, 2011

Memperbesar/Membuat Virtual Memory Pada Windows 7

Bagi anda yang merasa mempunyai RAM yang pas-pasan (seperti saya), tapi masih belum merasa cukup dengan Memory pas-pasan, ya mungkin karena program di komputer ngambil memory gede dan banyak program yang di buka dalam waktu yang bersamaan. Mungkin ini bisa jadi solusi dari anda yang ingin mempunyai memory besar tanpa harus membeli RAM lagi  Ayee....

ekh tapi sebelumnya kita bahas dulu tentang Virtual Memory, virtual Memory adalah sebuah mekanisme yang digunakan oleh aplikasi untuk menggunakan sebagian dari memori sekunder seolah-olah ia menggunakannya sebagai RAM fisik yang terinstal di dalam sebuah sistem. Mekanisme ini beroperasi dengan cara memindahkan beberapa kode yang tidak dibutuhkan ke sebuah berkas di dalam hard drive yang disebut dengan swap file, page file atau swap partition.

Dalam sistem operasi berbasis Windows NT, terdapat sebuah komponen yang mengatur memori virtual, yakni Virtual Memory Manager (VMM). VMM dapat memetakan alamat-alamat virtual yang dimiliki oleh sebuah proses yang berjalan ke dalam page memori fisik di dalam komputer. Dengan cara begini, setiap proses pun dapat memperoleh memori virtual yang cukup agar dapat berjalan, dan yang terpenting adalah setiap proses tidak mengganggu memori yang sedang digunakan oleh proses lainnya. VMM menangani paging antara RAM dan page file, dengan memindahkan page dengan menggunakan sebuah cara yang disebut sebagai demand paging. Hasilnya, setiap aplikasi 32-bit pun dapat mengakses memori hingga 4 gigabyte (meskipun Windows hanya membatasi proses yang berjalan dalam modus pengguna hanya sebatas 2 GB saja).
itu adalah ulasan dari Wikipedia

Sekarang kita langsung saja ke cara Menambah Virtual Memory

1. Klik Start > Klik kanan di My Computer > Klik Properties.
2. Klik Advanced system setting
3.  cari bagian performance dan klik tombol Settings.
4. Klik lagi Advanced


5. Lalu Klik Change

6. Hilangkan tanda (Check Box) pada bagian Automatically manage paging file size for all drivers.

7. Pada bagian Custom size masukkan kapasitas yang dipakai untuk Virtual Memory. Kapasitas memory yang normal digunakan adalah Initial size berkapasitas 2 kali memory internal dan 4 kali lipat dari internal memory pada bagian maxumim size. Sebagai contoh, jika RAM pada komputer/notebook anda berkapasitas 1GB maka maka sebaiknya anda setting 2GB pada Initial size dan 4 kali lipat pada bagian Maximum size.

8. Klik Set, lalu OK. System kadang meminta anda untuk merestart komputer dan coba restart komputer anda.

Perlu diketahui, jika memory internal anda memang terlalu kecil, jauh dari kapasitas normal jangan berharap banyak kalau trik ini bisa membantu anda mempercepat kinerja komputer. Trik ini bekerja apabila komputer anda masih berjalan normal dan membutuhkan sedikti tweaking. Jika menginginkan komputer/notebook anda bekerja lebih cepat lagi, membeli internal memory adalah pilihan terbaik.

Dan Selamat Menikmati Memory Anda.....

3 comments:

  1. apa akibat kalau kita menambah virtual memori????
    apa kah komputer cept hang??

    ReplyDelete
  2. @rahmad hidaya kalau yang saya coba sih, malah gak terjadi apa"
    biasa" aja gak ada yang ngaruh malahan

    ReplyDelete

Powered by Blogger.